Ibu Citra Dewi saat story Telling kepada anak-anak TK An-Nur Desa Batu Belaman

Dalam rangka mendorong tumbuhnya minat baca pada anak-anak sejak usia dini dan menjalankan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan kegiatan Story Telling dan kelas berbagi dengan mengundang TK An-Nur Desa Batu Belaman, Kamis (7/9/23).

Kegiatan Story Telling dan kelas berbagi yang dilaksanakan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2023. Para peserta disambut secara langsung oleh Tim Pustakawan Zokhratus Safhidah, Imelda N. Pakpahan, Cicih Sri Wahyuni dan Pengelola Bahan Pustaka, Ricka Ayu Roselin di halaman Dispursip Kobar.

Pada sesi kegiatan Story Telling, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Ibu Citra Dewi selaku Read Aloud Trainer dengan didampingi Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah. Kegiatan Story Telling ini dilaksanakan di aula serbaguna. 

Pada sesi kegiatan Story Telling ini, Narasumber Citra Dewi membawakan cerita berjudul “Persahabatan Beruang Kota dan Beruang Desa” yang diikuti anak-anak TK An-Nur Desa Batu Belaman sebanyak 17 anak dengan didampingi 4 guru pendamping. Selama story telling berlangsung, anak-anak sangat antusias dan menikmati jalannya cerita yang disampaikan.

Anak-anak TK An-Nur Desa Batu Belaman saat bermain Alat Peraga Edukatif (APE)

Setelah kegiatan story telling, anak-anak TK An-Nur Desa Batu Belaman diajak untuk menggerakkan badan dengan mengikuti senam dan bermain edukasi pasang tali sepatu dan memasang kancing baju dengan memanfaatkan Alat Peraga Edukatif (APE) keterampilan tangan yang dimiliki Dispursip Kobar. 

Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk melatih dan mengasah kemampuan saraf motorik halus anak, konsentrasi, kesabaran serta melatih koordinasi mata dan tangan pada anak.

Sembari menunggu anak-anak TK An-Nur Desa Batu Belaman mengikuti kegiatan story telling, Pengelola Bahan Pustaka Ricka Ayu Roselin menyampaikan sosialisasi dan promosi layanan Dispursip Kobar kepada orang tua wali murid TK An-Nur Desa Batu Belaman di area outdoor Dispursip Kobar.

“Untuk menjadi anggota perpustakaan, sangatlah mudah cukup datang ke perpustakaan dan membawa kartu identitas, yakni KTP/KIA bila pemustakanya pelajar maupun anak-anak. Apabila telah menjadi anggota, ibu-ibu atau anak-anak bisa meminjam koleksi bahan pustaka sebanyak 2 eksemplar selama 7 hari,” jelas Ricka.

Lebih lanjut Ricka menyampaikan, Dispursip Kobar akan memperingati hari kunjung perpustakaan dan akan mengadakan kegiatan story telling, kelas berbagi, lomba menggambar tingkat SD kelas 3-5, wisata pustaka dan senam bersama. Untuk mendapatkan informasi baru terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Dispursip Kobar dapat dilihat melalui akun media sosial Instagram @dpk.kobar, facebook Dispursip Kobar.

Pada sesi kegiatan kelas berbagi, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Ibu Sukarni  didampingi Imelda N.Pakpahan dan Linna Diana. Kegiatan kelas berbagi ini diisi dengan membuat bunga hiasan dari bahan kain stockingyang diikuti oleh orang tua wali murid TK An-Nur Desa Batu Belaman sebanyak 15 orang.

Dengan adanya kegiatan kelas berbagi ini diharapkan orang tua wali murid TK An-Nur Desa Batu Belaman dapat memperoleh ilmu serta keterampilan dalam berkreasi dan mengolah kerajinan tangan membuat bunga hiasan berbahan dasar kaos stocking.

Selain itu, diharapkan dapat mengimplementasikan kembali ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari kegiatan kelas berbagi di rumah dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. (dispursip kobar)

Ibu Sukarni saat mempraktikkan membuat bunga kepada orang tua wali murid TK An-Nur Desa Batu Belaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *