Dalam rangka meningkatkan budaya kegemaran membaca pada masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan pemilihan Duta Baca Tingkat Pelajar SLTA. Kegiatan pemilihan duta baca ini dilaksanakan di Aula Serbaguna DPK Kobar pada Jumat (22/7).

Peserta Pemilihan Duta Baca ini diikuti oleh 7 orang, terdiri dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat yakni SMAN 1 Pangkalan Bun, SMAN 3 Pangkalan Bun, MAN 1 Kobar, SMKN 1 Pangkalan Bun, SMKN 2 Pangkalan Bun, SMKN 3 Pangkalan Bun, dan SMKN 4 Pangkalan Bun.

Peserta yang mewakili sekolah tersebut akan dipilih 3 orang yang akan ditetapkan menjadi pemenang, dimana juara 1 akan mewakili Kabupaten Kobar untuk pemilihan duta baca di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

Pada kegiatan ini, terdapat 3 orang juri yang akan melakukan penyeleksian dan penilaian Pemilihan Duta Baca Tingkat Pelajar SLTA Kabupaten Kobar Tahun 2022. Para juri akan melaksanakan penilaian secara profesional dan menentukan pemenang dengan berpedoman kepada kriteria yang telah ditetapkan secara independen dan mandiri tanpa adanya intervensi dari siapapun maupun pihak manapun. 

Kepala DPK Kobar, M. Rosihan menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan duta baca tingkat pelajar SLTA tahun 2022 bertujuan untuk menumbuhkan dan membudayakan kegemaran membaca di tingkat generasi muda.

“Dengan terpilihnya duta baca tingkat pelajar SLTA tahun 2022 di Kabupaten Kotawaringin Barat ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menyerbarluaskan manfaat dari kegemaran membaca sebagai bentuk dukungan akan peningkatan indeks literasi pada masyarakat,” kata Rosihan.

Seleksi Duta Baca Tingkat Pelajar SLTA dilaksanakan dalam 2 sesi penilaian. Sesi 1 adalah wawancara serta penilaian makalah dan sesi 2 adalah peserta duta baca akan melakukan ajakan/promosi terkait gemar membaca. 

Pada tahapan seleksi pemilihan duta baca ini, ada beberapa hal yang menjadi penilaian antara lain penilaian tentang frekuensi kunjungan peserta pemilihan duta baca ke perpustakaan Kabupaten Kobar. Selain itu, aspek lain yang dinilai adalah makalah yang disampaikan oleh masing-masing peserta.

Makalah tersebut berisi tentang perpustakaan dan pengembangan perpustakaan sekolah. Kemudian diakhir penilaian, setiap peserta akan diminta juri menyampaikan paparan singkat tentang manfaat membaca dan berkunjung ke perpustakaan dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Kobar. 

Berdasarkan hasil penjurian yang diumumkan oleh panitia, terpilihlah Duta Baca Tingkat Pelajar SLTA Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2022. Juara 1 adalah Azzahra Fairus Kamila Jasmine dari SMAN 1 Pangkalan Bun, Juara 2 Saiyidal Muhammad Nor dari SMKN 1 Pangkalan Bun dan Juara 3 Fander Mauli Rina dari SMKN 2 Pangkalan Bun. (DPK Kobar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *