Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) fasilitasi kegiatan kelas berbagi yang diadakan oleh Pondok Baca Kelurahan Sidorejo, Minggu (13/03). Kegiatan ini dilaksanakan dengan memanfaatkan layanan perpustakaan daerah selama dua hari di ruang baca anak dan area internet luar DPK Kobar pada hari Sabtu dan Minggu. 

Kegiatan kelas berbagi ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu di Pondok Baca Kelurahan Sidorejo. Kelas Berbagi ini merupakan program pendukung pada Pojok Baca Keluruhan Sidorejo dengan tujuan untuk memberikan materi pembelajaran kepada masyarakat umum.

Untuk pengajar dalam kegiatan kelas berbagi ini diisi oleh para relawan dari berbagai latar belakang. Dimana, jumlah pengajar di Pondok Baca Kelurahan Sidorejo secara keseluruhan

sebanyak 27 orang dan murid sebanyak 198 orang. 

Kegiatan kelas berbagi yang dilaksanakan tersebut gratis/tidak ada pungutan biaya dan terbagi menjadi 2 kelas berdasarkan 2 grup besar, yaitu kelas Beta dan Kelas Alfa. Untuk jenis kelas Beta diperuntukan bagi anak SD yang duduk di bangku kelas 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk jenis kelas Alfa diperuntukan bagi anak SD yang duduk di bangku kelas 4, 5 dan 6. 

Adapun rangkaian kegiatan kelas berbagi Kelurahan Sidorejo di DPK Kobar ini diisi dengan kegiatan Kelas Berbagi les matematika dan bahasa inggris bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) dan terbagi menjadi 2 kelompok kelas les matematika dan bahasa inggris. Kegiatan ini dihadiri oleh murid Pondok Baca Kelurahan Sidorejo berjumlah 59 orang. 

Kepala DPK Kobar melalui Kabid P2BPL, Norlaila Hayati menyampaikan bahwa perpustakaan daerah bisa menjadi wadah belajar yang bisa dimanfaatkan layanannya oleh masyarakat dan kegiatan ini bisa menjadi sarana promosi bagi perpustakaan dalam mengenalkan perpustakaan kepada masyarakat terutama pada anak-anak. 

“Oleh sebab itu, DPK Kobar yang memiliki fungsi pendidikan memfasilitasi kegiatan kelas berbagi gratis les matematika dan bahasa inggris untuk murid SD dan diharapkan dapat meningkatkan minat dan kegemaran membaca,” tuturnya. (DPK Kobar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *